Ananda Emira Moeis sampaikan empat pilar kebangsaan kepada warga Samarinda

Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis pada saat menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda (Foto: Ahmad)

Samarinda -Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis  menyampaikan empat pilar kebangsaan yang terdiri Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika , kepada warga Lok Bahu, RT. 12  Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Sabtu (21/1) malam.

“Dalam kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) ini saya sampaikan empat pilar  kebangsaan kepada warga  Lok Bahu Samarinda,” kata Ananda di Samarinda, Minggu.

Ia mengatakan, empat pilar meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan  lebih menitikberatkan pada konsep hidup berpancasila, sebab Pancasila sebagai dasar negara  merupakan konsepsi yang telah disusun sedemikian rupa yang menjadi representasi warga negara dan tujuan dalam bernegara.

Ananda menandaskan bahwa warga Indonesia kuat karena hidup yang mengamalkan nilai-nilai pancasila dan menjadi representasi warga Indonesia  dalam  bernegara.

“Selama pandemi warga mendapat pelajaran penting  bahwa masyarakat Indonesia itu sudah bertahan karena hidup sudah berpancasila. Dalam artian ada warga yang kesusahan, mereka saling- bahu membahu menyumbang, saling mendoakan dan menguatkan satu sama lain,” paparnya.

Pancasila yang mengakar pada diri bangsa inilah yang bisa menangkal  indikasi yang merongrong  keruntuhan NKRI. Pada kebiasaan warga Indonesia, walau berbeda suku, agama, dan ras, yang namanya bhineka tunggal ika yang  dijinjing, maka tidak akan jatuh persatuan dan kesatuannya.

Tak lupa ia mengingatkan,  bagaimana warga harus selalu memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk senantiasa menjaga harkat dan martabat bangsa serta memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

“Saya merasa terhormat datang ke warga RT. 12, jalan M. Said gang  10,  Lok Bahu, karena  warganya terlihat menjunjung tinggi gotong royong dan saling menjaga silaturahmi, dari sini tercermin nilai pancasila,  apalagi di momen memperingati  hari ulang tahun (HUT) Samarinda yang ke-355,” ucap Ananda.

Dikemukakannya, pengamalan  nilai Pancasila juga tergambar ketika melihat Ibu-ibu warga sekitar  antusias menyedakan masakan dan syukuran untuk merayakan HUT  Samarinda.  Mereka  juga selalu menjaga keamanan dan kenyamanan, khususnya untuk warga sekitar.

Lanjutnya, poin penting dari empat pilar tersebut dilihat  dari kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah Pancasilais, tergambar dari keseharian kebiasaan masyarakat Indonesia, jadi sudah mengakar kebiasaan gotong royong, jadi bukan hanya sekadar teori, tapi penerapannya jauh lebih penting.

“Kita juga menengok implementasi Pnacasila dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam bernegara, mereka senantiasa menjadikan pola hidup berpancasila, sebagai pondasi hidup warga, seperti contoh mempertahankan adat istiadat, gotong royong, saling membantu sesama tetangga, dan bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu hal,” ujar  Ananda. (Ahmad/ADV/DPRD Kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 955 kali, Hari ini saja 2 kali