Bela Diri Itu Pelajaran Berkelahi Tapi Tujuannya Buat Kedamaian

 

Unik memang. Bela diri itu kan pelajaran bagaimana berkelahi, namun ternyata dalam falsafah bela diri justeru mengajarkan bagaimana berdamai. Berdamai dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.

Mengapa orang harus latihan beladiri yang notabene adalah ilmu berkelahi? padahal hidup damai itu kan lebih indah? Kalau hanya buat olah raga, bisa dengan senam dan gerak badan lainnya yang tak mengajari memukul atau menendang?

Ya, karena tak selalu keinginan berdamai disambut pula dengan damai. Ada orang-orang dzalim dan jahat yang merasa senang kalau bisa menganiaya orang lain. Hati mereka sudah dirasuki syaitan sehingga tak punya belas kasihan.

Untuk mengantisipasi hal semacam itulah mengapa beladiri diciptakan. Tujuan asalnya memang bukan untuk menganiaya orang, tapi untuk membantu para penjahat menghentikan kejahatannya, minimal pada diri kita sendiri.

Berdamai itu indah dan terbaik, tak ada yang meragukan hal tersebut. Namun kadang perdamaian itu mau atau tidak mau harus diciptakan dengan menghentikan kejahatan terlebih dahulu.

Sudah dilihat sebanyak 188 kali, Hari ini saja 4 kali