Kegiatan donor darah Perumdam Tirta Kencana kumpulkan 53 kantong

Salah satu pendonor darah pada kegiatan yang digelar Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda bekerjasama dengan PMI Cabang Samarinda. (Foto: Ist)

 

Samarinda- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda  bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Samarinda kembali menggelar kegiatan sosial berupa donor darah berhasil mengumpulkan sebanyak 53 kantong darah.

 

“Dari 71 calon pendonor, 18 diantaranya gagal karena  HB  rendah dan tekanan darah tinggi sehingga tidak bisa dilaksanakan, jadi  hanya 53 pendonor yang bisa,” kata koordinator donor darah Perumdam Tirta Kencana  Samarinda, Chamdany di Samarinda, Selasa.

 

Ia mengatakan kegiatan sosial donor darah merupakan agenda rutin setiap tiga bulan sekali yang dilaksanakan Perumdam Tirta Kencana bersama PMI Cabang Samarinda.

 

Diakuinya selama pandemi COVID-19 peserta kegiatan donor darah mengalami penurunan, kemungkinan kesibukan karyawan di lapangan atau bisa juga kekhawatiran terhadap COVID-19.

 

Chamdany menjelaskan pelaksanaan donor darah tetap  mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yakni  menggunakan masker, mencuci tangan dengan handsanitizer atau sabun serta tidak berkumpul, saling menjaga jarak.

 

“Tujuan dari kegiatan donor darah untuk membantu PMI  Samarinda yang sering kekosongan stok darah dan membantu kepada pasien  yang membutuhkan,” katanya.

 

Chamdany menambahkan untuk jadwal  kegiatan donor darah berikutnya dilaksanakan pada bulan Maret 2022.

 

Sementara itu UPTD  PMI Cabang Samarinda Dr Helda Fitriyani didampingi  Nasrina dari UPTD PMI mengatakan pihaknya akan terus melakukan kerjasama dengan Perumdam Tirta Kencana serta lembaga pemerintah atau swasta lainnya untuk kegiatan donor darah.

 

“Kami  berterima kasih atas kerjasama Perumdam Tirta Kencana yang selalu mendukung kegiatan donor darah ini,” katanya.

Pewarta : Saputra

Editor     : Rhd

 

Sudah dilihat sebanyak 824 kali, Hari ini saja 2 kali

YANG MENARIK LAINNYA:

Education Template