Saat ini ada 53 pasien isoter di Wisma Atlet

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Masitah

 

Samarinda – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim) Masitah mengatakan  ada  53 pasien terkonfirmasi COVID-19 yang saat ini menjalani isolasi terpusat (isoter) di Wisma Atlet komplek stadion Sempaja, Samarinda.

 

“Hingga saat ini 24 Februari  2022, pukul 08.00 Wita ada 53 pasien yang menjalani  isoter di Wisma Atlet,” katanya di Samarinda, Kamis (24/2/2022).

 

Ia menjelaskan, petugas kesehatan melakukan triase (pemilihan pasien). Kalau tidak masuk kategori isolasi mandiri (isoman)  maka diarahkan ke isoter,  karena kekhawatiran terhadap orang di sekitar tertular COVID-19.

 

Sementara untuk pasien yang memenuhi kriteria isoman maka tidak diarahkan ke isoter namun tetap didampingi dan diberi obat-obatan.

 

“Pasien isoman ada 78 yang juga ditangani oleh petugas kesehatan,” tuturnya.

 

Masitah menerangkan di tempat isoter juga terdapat relawan untuk mengakomodir kebutuhan isolasi pasien terkonfirmasi COVID-19.

 

Dikemukakannya pasien yang dirawat  isoter diberi obat, makanan dan fasilitas kamar secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

 

Pasien selama menjalani isoter melakukan kegiatan diantaranya berjemur, olahraga mandiri, anjuran latihan pernafasan serta pemeriksaan medis.

 

Masitah menambahkan umumnya pasien terkonfirmasi COVID-19 bergejala ringan,  sehingga BOR  atau keterisian tempat tidur rumah sakit tetap terjaga. (ANTARA)

 

Sudah dilihat sebanyak 1,010 kali, Hari ini saja 2 kali