UMKT wisuda 64 mahasiswa program Bahasa Arab

Para wisudawan dan wisudawati angkatan ke 3 Ma’had Hasan bin Ali, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) (Foto: Ustadzah Khodijah Nur Tsalis )
Para wisudawan dan wisudawati angkatan ke 3 Ma’had Hasan bin Ali, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) (Foto: Ustadzah Khodijah Nur Tsalis )

Samarinda –  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mewisuda 64 mahasiswanya di gedung UMKT jalan Juanda Samarinda . Ini adalah wisuda angkatan ke 3 Ma’had Hasan bin Ali, yang merupakan program ilmu bahasa Arab  saat ini bernaung di fakultas hukum UMKT.

 

Hadir secara online dalam acara tersebut ketua DPP Muhammadiyah, para pengurus wilayah Muhammadiyah Kaltim, Rektor, Dekan dan seluruh jajaran Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

 

Acara dimulai pukul  09.00 wita dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan lagu kebangsaan Indonesia  Raya. Kemudian  dilanjut dengan orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag.

 

Dalam paparannya Anwar Abbas menyatakan rasa bangganya karena UMKT memiliki jurusan Bahasa Arab. “ Jurusan ini sangat bagus karena Bahasa  Arab merupakan salah satu modal utama dalam mendalami agama,” katanya.

 

Selanjutnya dilakukan prosesi wisuda yang diikuti oleh beberapa angkatan mahasiswa Ma’had Hasan bin Ali, pembacaan ikrar oleh wisudawan terbaik dan ucapan/sambutan dari wisudawati terbaik.

 

“ Saya bangga dengan kemampuan berbahasa Arab yang dikuasai oleh alumni Ma’had Hasan bin Ali. Namun sayangnya  keberadaan Ma’had ini belum ada pengakuan resmi dari Kementerian Agama,” kataDekan Fakultas Hukum UMKT Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H, M.Hum.

 

Meski demikian katanya, para alumni ma’had ini sangat diterima dalam berbagai lembaga, termasuk lembaga pendidikan Islam yang ada di Kalimantan Timur. Bukan hanya itu, banyak alumni lembaga pendidikan ini yang berhasil melanjutkan studinya ke lembaga pendidikan Islam bergengsi di luar negeri terutama Timur Tengah.

 

Sementara , Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) oleh Prof. Dr. Bambang Setiaji dalam sambutannya menyampaikan tahniah (ucapan selamat) kepada para wisudawan/wisudawati.

 

Ia berharap lulusan Ma”had Hasan bin Ali tetap melanjutkan pendidikan mereka, baik untuk menjadi kader ulama maupun ahli hukum dengan meneruskan ke program S1 UMKT yang selama ini menaungi lembaga pendidikan Bahasa Arab ini.

 

Hal senada juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, Drs. H. S.Pd, M.M, M.Si, menyampaikan ucapan selamat . Tokoh pendidikan Kaltim ini  juga berharap agar ilmu yang diperoleh wisudawan bermanfaat bukan hanya bagi pribadi namun juga bagi bangsa dan umat manusia.

 

“Silahkan jadi apapun, tapi jangan lupakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar,” ujar Suyatman.

 

Acara selanjutnya pemberian penghargaan kepada peserta wisuda terbaik ( nilai tertinggi kelulusannya)  mayoritasnya diraih  wisudawati, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata  diserahkan oleh Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

 

Karena kondisi masih masa pandemi  acara wisuda dihadiri oleh  wisudawan dan wisudawati . Sedangkan para pendamping atau keluarga wisudawan-wisudawati  dibatasi  hanya 2 orang, ditempatkan di ruangan khusus pada lantai.

 

Meski berada di ruangan terpisah, para orang tua dan keluarga wisudawan–wisudawati tetap bisa mengikuti acara melalui layar yang disiapkan panitia. Bahkan bagi keluarga di rumah sekalipun juga bisa mengikuti jalannya acara secara online melalui link zoom.

 

Pewarta: Asya

Editor   : Rhd

 

Sudah dilihat sebanyak 977 kali, Hari ini saja 2 kali