Presiden Jokowi dan Gubernur se-Indonesia hadir di IKN Nusantara

kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal (Foto: Rhd)

 

Samarinda – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  (Jokowi)  dijadwalkan  melakukan Camping di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan dihadiri seluruh Gubernur  se Indonesia.

 

“Presiden Jokowi mengundang seluruh Gubernur se Indonesia untuk hadir di lokasi IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada  Senin ( 14/3/2022),”  kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim  Muhammad Faisal  di Samarinda, Sabtu.

 

Lanjutnya Bapak Presiden bukan hanya  mengundang,  tapi juga mewajibkan semua Gubernur memakai pakaian adat daerah masing-masing serta membawa air dan tanah dari lokasi yang bersejarah atau adat budaya di wilayahnya masing-masing.

 

“Para Gubernur  se Indonesia diminta membawa sedikit air , sekitar 1 liter dan tanah sekitar 2 kg dari wilayahnya masing-masing untuk nantinya digabungkan bersama 34 provinsi lainnya di Indonesia di satu titik di IKN Nusantara, disebutnya seremoni Gentong Nusantara,” tutur  Faisal .

 

Ia menjelaskan seremoni Gentong Nusantara , maksudnya sebagai gambaran simbolis bahwa IKN Nusantara  merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

 

“Hal tersebut sebagai gambaran persatuan dan kesatuan, Kebhineka Tunggal Ikaan. IKN Nusantara adalah milik seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Faisal.

 

Pewarta: Fahmi

Editor   : Rhd

Sudah dilihat sebanyak 644 kali, Hari ini saja 2 kali