Makmur HAPK: Program pengendalian banjir harus berdasarkan penelitian

Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Makmur HAPK (Foto: Ahmad)

 

Samarinda – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK meminta kepada Pemerintah Provinsi  bersama Pemerintah  Kabupaten/Kota  dan pihak perusahaan yang ada di Kaltim untuk merumuskan masalah lingkungan, terutama persoalan banjir.

 

“DPRD Kaltim menginginkan adanya program pengendalian banjir yang bertahan untuk jangka panjang, oleh karena itu betul-betul berdasarkan penelitian,” kata Makmur di Samarinda, Jumat.

 

Ia menegaskan, program pengendalian banjir harusnya disertai dengan penelitian, sehingga diharapkan dapat bermanfaat  dalam waktu yang lama.

 

Makmur meminta kepada kepada Balai dan lain sebagainya, program pengendalian banjir  harus berdasarkan kajian dan penelitian, karena jangan sampai program hanya sekedar program, tidak banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

 

Menurutnya, pengendalian banjir di kabupaten /kota hendaknya melibatkan pihak swasta atau perusahaan yang beroperasi di daerahnya masing-masing untuk terlibat dan peduli terhadap lingkungan.

 

“Kita berharap perusahaan ikut peduli dengan adanya kerusakan lingkungan yang menyebabkan banjir,” ucapnya.

 

Makmur mengungkapkan, semasa  dirinya menjabat kepala daerah di Kabupaten Berau, ada perusahaan pertambangan yakni PT Berau Coal  yang peduli dengan lingkungan. Perusahaan Berau Coal melakukan pengerukan  sungai dan sebagainya.

 

“Kami berharap melalui Bupati  dan Wali Kota dengan pihak perusahaan untuk melanjutkan komitmen kepedulian terhadap kerusakan lingkungan,” pungkasnya.

 

Pewarta: Ahmad

Editor    : Rhd

Sudah dilihat sebanyak 735 kali, Hari ini saja 2 kali