Dishub Kaltim inspeksi keselamatan angkutan umum jelang mudik lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring saat meninjau pangkalan bus di Balikpapan, Kalimantan Timur (Foto: Biro Adpim Prov Kaltim)

 

Balikpapan- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) untuk sejumlah angkutan umum guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan Lebaran tahun ini.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring mengatakan jajarannya bergerak melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan seperti bus di sejumlah pangkalan yang ada di Balikpapan.

 

Pengecekan kondisi kelayakan angkutan tersebut sesuai dengan amanat pada rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H, di Markas Kepolisian Daerah Kaltim.

 

“Kami langsung bergerak, karena salah satu arahan Kapolri yaitu mengecek kesiapan transportasi yang akan melayani masyarakat mudik Lebaran tahun ini,” ujar Sembiring dalam keterangan resmi melalui tim publikasi Biro Adpim Setdaprov Kaltim,Jumat.

 

Dia membeberkan, ada tiga hal yang menjadi target pemeriksaan guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan atau surat menyurat kendaraan, pemeriksaan fisik dan kelengkapan sarana penunjang untuk para penumpang.

 

“Kita cek semua, mulai surat kendaraan, masa berlaku kir-nya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman dan lain-lain,” jelas Sembiring.

 

Selain melalukan pengecekan angkutan transportasi darat, pihaknya juga mengagendakan ramp check pada transportasi lain seperti kapal laut, kapal sungai bahkan kapal wisata.

 

Hal tersebut dilakukan guna menjamin keselamatan para penumpang pada saat mudik lebaran tahun ini.

“Kenapa kapal wisata, karena pada libur Idul Fitri kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur sungai Mahakam,” kata Sembiring.(Biro Adpim Prov Kaltim)

 

Sudah dilihat sebanyak 184 kali, Hari ini saja 2 kali

YANG MENARIK LAINNYA:

Education Template