Maskapai Super jet bantu warga Kaltim untuk mudik lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur AFF Sembiring (Foto: Biro Adpim Prov Kaltim)

 

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur AFF Sembiring mengatakan penambahan rute baru penerbangan Maskapai Super Jet melayani Samarinda – Surabaya sangat membantu warga Kaltim yang akan pulang kampung menjelang lebaran.

 

“Momentumnya pas sekali dengan perayaan lebaran, saya berharap tidak saja melayani rute Samarinda – Surabaya saja tetapi bisa ke daerah lain seperti Yogyakarta, Jakarta dan Ujung Pandang,” katanya di Samarinda, Sabtu.

 

Saat ini, ujar Sembiring sejumlah penerbangan dengan rute dari dan menuju Samarinda mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19.

 

Namun menjelang Hari Raya Idul Fitri, animo masyarakat untuk bepergian menggunakan transportasi udara sangat tinggi, terlebih saat ini kebijakan pemerintah terkait mudik lebaran menggunakan transportasi umum juga dimudahkan dengan catatan sudah divaksin ketiga atau boster, maka tidak perlu lagi menggunakan tes COVID-19 untuk mudik lebaran.

 

Menurut dia, keberadaan Bandara APT Pranoto Samarinda tidak hanya melayani warga Samarinda saja, namun warga lain di sekitar Samarinda seperti  Kukar, Kubar, Bontang dan Kutim juga memilih Samarinda sebagai tujuan penerbangan karena memang secara geografis lebih dekat dibandingkan dengan Bandara di Balikpapan.

 

“Animo masyarakat yang akan mudik menuju kampung halamannya cukup banyak, tentunya dengan hadirnya Super Jet sangat membantu,” jelasnya.

 

Diketahui, Super Jet merupakan Maskapai Lion Grup yang berdiri pada Maret tahun 2021 dan terus menambah rute layanannya, dengan 21 unit pesawat sudah melayani 18 kota termasuk Balikpapan dan Samarinda.

 

Penerbangan dari Samarinda ke Surabaya, Super Jet dengan pesawat Air Bus A320-200 mulai Jumat (22/4/2022) melakukan penerbangan dua kali sehari yakni pukul 09.20 dan 14.00 WITA serta dari Surabaya jam 06.00 dan 10.40 WIB.

 

“Tarifnya masih terjangkau dan memberikan kemudahan bagi masyarakat, semoga saja terus meningkatkan jumlah jam penerbangan serta tujuan,” ujar Sembiring.(*)

 

Sudah dilihat sebanyak 889 kali, Hari ini saja 2 kali