Jawad Sirajuddin soroti infrastruktur jalan Kaltim sangat buruk

Anggota DPRD Kaltim H A Jawad Sirajuddin dari Fraksi PAN (Foto: Adit)

 

Samarinda- Anggota DPRD Kaltim H A Jawad Sirajuddin menyoroti  infrastruktur jalan di Provinsi Kalimantan Timur yang sangat buruk karena kerusakannya  cukup parah.  Pemerintah harus memasukkan perbaikan jalan  dalam  skala prioritas pembangunan.

 

“Ini pukulan berat untuk kita, saya minta gubernur segera mengambil langkah-langkah untuk mendesak Pemerintah Pusat agar infrastruktur di Kaltim bisa mulus dikategorikan mantap,” kata Jawad di Samarinda, Selasa.

 

Seperti diketahui katanya, infrastriktur jalan yang rusak  dari Kabupaten Kutai  Kartanegara (Kukar) menuju  Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Samarinda  menuju Kabupaten Kutai Timur  dan dari Kutai Timur menuju Kabupaten Berau.

 

“Apalagi dimulainya pembangunan Ibu Kota Negera (IKN) jalan-jalan akses dari kabupaten menuju IKN seharunya mulus,” tuturnya.

 

Menurut Jawad, berdasarkan hasil survei infrastruktur Kaltim sangat buruk kisaran 70 sekian persen, termasuk  terendah se Indonesia. Padahal  Kaltim merupakan daerah penghasil yang PDRB nya kisaran Rp450 triliun  pertahun.

 

“Inilah menjadi dasar pemerintah  Provinsi Kaltim untuk mendesak pemerintah pusat  agar memperbaiki inprastruktur jalan, kalau tidak akan menghambat perekonomian masyarakat,” katanya.

 

Jawad mencontohkan, warga Kubar yang menggunakan transportasi  darat, akibat jalan yang rusak parah, maka beralih menggunakan transportasi sungai. Dulunya jarak tempuh menggunakan transportasi  darat  dari Kubar ke Samarinda hanya 6 sampai 7 jam, tapi sekarang  bisa  sampai 12 jam.

 

“Sekali lagi kepada gubernur untuk mengambil  langkah-langkah mendesak pemerintah pusat dalam rangka  perbaikan infrastruktur jalan di Kaltim,” tutupnya.

 

Pewarta: Adit

Editor   : Rhd

Sudah dilihat sebanyak 1,030 kali, Hari ini saja 2 kali