Ketua DPRD Kaltim apresiasi peluncuran aplikasi ASAP Digital

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK saat menghadiri acara launching ASAP Digital dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang digelar di Ballroom Hotel Platinum, Balikpapan (Foto: Humas DPRD Kaltim)

 

Balikpapan- Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK turut menghadiri peluncuran Aplikasi ASAP Digital dan penandatanganan perjanjian kerja sama, yang berlangsung di Ballroom Hotel Platinum, Balikpapan.

 

“Kami menyambut baik upaya Polri dalam menanggulangi dan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tanah Borneo,” katanya belum lama ini.

 

Makmur menegaskan, langkah Polri dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla patut mendapatkan apresiasi dan didukung.

 

Dengan dilaunchingnya Aplikasi ASAP Digital, dia yakin, kebakaran hutan dan lahan di Kaltim dapat diatasi dengan baik.

 

“Harapan kami, dengan adanya aplikasi yang baru dilaunching ini, maka upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan bisa dilakukan secara cepat,” katanya.

 

Makmur menyebutkan dengan adanya aplikasi  tersebut, Polri bisa dengan mudah melakukan langkah-langkah lanjutan untuk mendukung penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku yang dengan sengaja melakukan tindakan pembakaran hutan.

 

“Artinya, ketika terjadi kebakaran hutan, tidak perlu lama untuk mengetahui penyebab dan pelaku pembakaran. Sehingga, tindak kejahatan dapat segera diatasi dalam waktu singkat,” ujar Makmur.

 

Sementara itu,  peluncuran aplikasi ASAP Digital tersebut merupakan bagian dari upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

 

“Launching Aplikasi Asap Digital diharapkan mampu menjadi sarana untuk menyatukan tekad dan komitmen bersama dalam rangka mencegah terjadinya bencana Karhutla di wilayah Kalimantan Timur,” kata Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto.

 

Kapolda Kaltim  dalam sambutannya menyampaikan launching aplikasi ASAP digital  menindaklanjuti kebijakan dan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam langkah dan upaya nyata dalam pencegahan dan antisipasi Karhutlah di Kaltim.

 

Irjen Imam Sugianto  menjelaskan dalam hal ini Polda Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kaltim dalam peluncuran aplikasi Asap Digital.

 

“Dengan pengoperasian aplikasi ASAP digital  ini, saya yakin akan semakin menyempurnakan langkah dan upaya Polda Kaltim dalam mencegah dan mendeteksi Karhutla,” kata Imam Sugianto.

 

Dia menambahkan, aplikasi Asap Digital memiliki keunggulan monitoring real time CCTV 360 derajat dengan kemampuan jelajah mencapai 8 kilometer  yang menampilkan kualitas suhu, kelembaban udara dan data titik api update berkala 5 menit.(*)

 

Sudah dilihat sebanyak 1,217 kali, Hari ini saja 2 kali

YANG MENARIK LAINNYA:

Education Template