Komisi III DPRD Kaltim gelar Raker bersama mitra

Komisi III bersama mitra kerja saat melaksanakan rapat kerja di Hotel Novotel Balikpapan (Foto: Humas DPRD Kaltim)

 

Balikpapan-Komisi III DPRD Kaltim menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama mitra kerja yaitu Bappeda Kaltim, Dinas PUPR-PERA Kaltim dan BPKAD Kaltim guna membahas rencana program kerja tahun anggaran 2023.

 

Rapat dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang didampingi Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim Syafruddin dan Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry serta seluruh anggota Komisi III DPRD Kaltim.

 

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun,  Plt. Kepala BPKAD Kaltim Fahmi Prima Laksana, Sekretaris Bappeda Kaltim Charmarijaty, dan Kepala Dinas PUPR-PERA Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda beserta jajaran.

 

“Raker ini dimaksudkan dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas DPRD Kaltim dengan mitra kerja agar selalu berjalan seiring dan bisa bekerja sama lebih erat dan lebih baik lagi,” kata Samsun dalam sambutannya saat membuka Raker beberapa waktu lalu.

 

Ia mengatakan, sebagian besar anggota Komisi III adalah bagian dari Banggar yang akan membahas bersama TAPD untuk APBD 2023.

 

Menurutnya, banyaki program-program yang akan dilaksanakan. Jika semua bersinergi  dengan OPD masing-masing, Insya Allah akan semakin terarah dan juga semakin efektif.

 

Ditemui usai rapat Veridiana Huraq Wang  mengatakan, ada beberapa program prioritas terutama inprastruktur jalan. Pada tahun 2023 perbaikan jalan yang menjadi prioritas adalah arah Kabupaten Kutim menuju Kabupaten Berau cukup panjang yang belum bisa mencapai target.

 

Kemudian, lanjutnya, sumber daya air juga menjadi perhatian, ada rencana beberapa pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang akan dibangun di tahun 2023 antara Samarinda – Kukar.

 

Selain itu pengelolaan bekas tambang Indominco yang akan di bangun SPAM untuk Feasibility Study dan Detail Engineering Design (DED) sudah selesai sehingga di tahun 2023 bisa dilakukan fisik.

 

Kemudian untuk alur sungai yang ada di Sangata dan sungai Karang Mumus Samarinda dilakukan swakelola antara pemerintah dengan TNI karena masalah pengerukannya bersinggungan dengan rumah penduduk. Ada pembangunan gedung rumah sakit  Korpri dan gedung Inspektorat yang dalam tahap penyelesaian membutuhkan sekitar Rp 120 miliar dan teranggarkan Rp109 miliar.

 

“Program-program yang sudah ada itu, intinya sesuai dengan peraturan pemerintah yang menjadi acuannya tidak bisa dirubah lagi, kecuali untuk beberapa program yang masih memerlukan tambahan anggaran,” katanya.

 

Veridiana mengharapkan, pelaksanaan APBD jangan sampai tertunda agar daya serapnya maksimal dan pembangunan bisa berjalan dengan baik.

 

“Ini sudah bulan Juli tapi daya serap APBD tahun 2022 masih rendah. Kita meminta kepada pemerintah terutama Bappeda, bisa menyusun anggaran secara proporsional, karena semua daerah membutuhkan anggaran yang sama,walaupun  ada hal-hal teknis yang dipertimbangkan,” ujarnya.(*)

 

Sudah dilihat sebanyak 1,005 kali, Hari ini saja 2 kali