Disbun Kaltim tingkatkan SDM perkebunan melalui pemberian beasiswa

Kepala Dinas Perkebunan Perkebunan Provinsi Kaltim, Ujang Rachmad (Foto: Adit)

 

Samarinda – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ujang Rachmad menjelaskan program peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM) di sektor perkebunan juga diwujudkan melalui pemberian program beasiswa.

 

“Program Beasiswa Sawit diberikan kepada mahasiswa D1, D3 dan D4 yang telah dipastikan terdampak pada pembangunan kelapa sawit nasional,” kata Ujang Rahmad di Samarinda, baru-baru ini.

 

Lebih jauh, Ujang menjelaskan bahwa program beasiswa tersebut bisa diberikan kepada para pekerja kebun atau keluarganya, dengan sasaran untuk menunjang pertumbuhan sektor perkebunan lebih maju.

 

“Selain beasiswa, program peningkatan SDM juga melalui program pelatihan terhadap pekebun dan kelembagaan yang menaunginya,” kata Ujang.

 

Ujang mengingatkan kepada semua lulusan program beasiswa sawit kembali ke daerah untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dari pendidikan di perguruan tinggi.

 

Dia berharap program beasiswa harus diarahkan pada sektor kelapa sawit, sehingga produktivitas tetap berjalan secara berkelanjutan.

 

Karena tantangan di masa depan untuk  sektor perkebunan cukup besar, seperti halnya persoalan lingkungan dan perubahan iklim.

 

“Sehingga SDM perkebunan kelapa sawit harus diarahkan kepada tantangan ke depan,” ungkapnya.

 

Melalui program beasiswa tersebut diharapkan anak-anak dari pekebun sawit di Kaltim dapat memanfaatkan peluang untuk memperoleh jenjang pendidikan yang lebih tinggi menjadi SDM yang andal.

 

“Harapan kami ke depan  program beasiswa ini bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pekebun sawit di daerahnya,” jelas Ujang(Adv/Diskominfo Kaltim)

 

Sudah dilihat sebanyak 3,128 kali, Hari ini saja 2 kali