IDAMAN Menjadi Inovasi, Daya Saing Mandiri

 

*Edi-Rendi Komitmen Dengan Visi-Misi-nya

 

Kukar: Diakui atau tidak, kepemimpinan Edi Damansyah (Bupati) dan Rendi Solihin (Wabub) di Kabupaten Kukar Kartanegara (Kukar), berhasil membawa Kukar benar-benar menjadi idaman masyarakatnya, kukarbtangmenjafi apa yang diharapakan.

 

Dan ditangan kepemimpinan Edi-Rendi kata Idaman, yang berkaronim Inovasi, Daya Saing, Mandiri menjadi visi membangun Kukar, seperti janjinya pada masyarakat, benar-benar berusaha diwujutkan.

 

“Kami tetapkan Kutai Kartanegara Idaman,” komitmen Edi-Rendi pada masyarakat Kukar, didebat publik perdana di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Kukar awal kampanye.

 

Kukar Idaman adalah gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah dengan mendorong kreativitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dan menciptakan daya saing dan mandiri.

 

Kemandirian ini didasari atas semangat kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi dan masyarakat.

 

“Ini untuk mewujudkan Kukar lebih baik ke depan,” tegas Edi Damansyah, yang sudah paham bener luar dalam Kukar, mengingat sebagai birokrat (Sekda) dan Eksekutif Wagub bahkan Bupati Kukar.

 

Edi menambahkan, ada beberapa catatan cita Kutai Kartanegara Idaman, antara lain meningkatkan sarana dan prasarana dan kegiatan keagamaan dalam memperkuat sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, tersedianya infrastruktur dasar yang memadai di seluruh wilayah Kabupaten Kukar, ini berkaitan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kukar.

 

Lalu Edi melanjutkan, pelayanan publik yang responsif, mudah, transparan dan akuntabel dengan memperkuat kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur teknologi informasi di setiap jenis layanan yang menjangkau seluruh wilayah Kukar.

 

Juga, pembangunan desa, kelurahan, dengan mengedepankan keterpaduan potensi wilayah dengan mendorong terbentuknya koperasi dan badan usaha miliki desa yang hidup dan menghidupi masyarakat dalam semangat kebersamaan dan gotong royong.

 

Pengelolaan pertanian yang produktif, modern, berpihak pada petani yang berbasis kawasan serta integrasi kepengelolaan keparawisataan daerah yang kompetitif dengan optimal dengan mengoptimalkan keindahan lahan, melestarikan ragam budaya, nilai-nilai sejarah serta ekonomi kreatif.

 

Ketaatan dan kepedulian pelaku pembangunan terhadap tata ruang wilayah dan kualitas lingkungan hidup.

 

Visi mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan bahagia, kondisi masyarakat Kukar yang mudah mengakses hak hak dasar , seperti pendidikan, kesehatan, pangan, dan sumber daya ekonomi secara adil dan berkesinambungan.

 

Kalau diperluaslagi batasan pengertian bahagia, kondisi masyarakat Kukar yang harmonis , hidup dengan penuh ketentraman diselimuti rasa kebersamaan kepedulian, gotong royong berlandaskan iman dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

 

Disektor birokrasi dengan memantapkan birokrasi yang bersih efektif dan efisien dan melayani, meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

 

Sehingga memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian dan parawisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan layanan infrastruktur dasar dan konektivitas antar wilayah, meningkat pengelola sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

 

Dalam mencapai visi misi tersebut tercetus beberapa program yaitu, digitalisasi pelayanan publik, program aparatur negara bahagia, Kukar Bebaya. (adv)

Sudah dilihat sebanyak 1,110 kali, Hari ini saja 2 kali