Guru besar UIN KHAS Jember kagumi dosen UINSI Samarinda

 

SAMARINDA – Guru Besar UIN KHAS Jember Prof Dr Abdul Muiz Thabrani, MM “angkat topi” terhadap dosen dosen-dosen Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. “Mereka yang mengambil program Doktor di UIN KHAS Jember selesai cepat dan tepat waktu,” ujarnya dihadapan peserta Kuliah Umum Pascasarjana UINSI Samarinda, Sabtu (19/11/2022).

 

Memang kehadiran guru besar senior UIN KHAS Jember itu di Samarinda tak dilewatkan begitu saja oleh jajaran UINSI Samarinda. Untuk menambah khasanah keilmuan mahasiswa pascasrjana dihelatlah Kuliah Umum yang mengusung tema “Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan Islam di Era Digital”.

 

Kuliah umum itu pun dipadati mahasiswa pascasarjana. Apalagi dengan gaya khasnya yang santai dan penuh humor, Prof Muiz memantik rasa ingin tahu para peserta, utamanya penjabaran Teori Intuitif dalam Pendidikan Islam.

 

“Prinsip Pendidikan Islam adalah keseimbangam dalam berbagai hal,” ujarnya memulai kuliah umumnya. Penyampaian yang kocak, namun mengena membuat jalannya kuliah umum sangat dinamis, serta sarat akan keilmuan.

 

Tak heran jika kemudian, banyak mahasiswa yang ingin bertanya. Namun karena keterbatasan waktu, jumlah penanya pun dibatasi. Kendati demikian penyampaian Prof Muiz dalam paparannya, bisa menjadi bekal keilmuan bagi mahasiswa untuk terus menggali ilmu tanpa kenal lelah.

 

Prof Muiz menggarisbawahi, kuliah bukanlah mengejar Indeks Prestasi (IP) tinggi. Hal itu akan menjadi percuma, jika ternyata dia tidak mampu beradaptasi di masyarakat. Karena masyarakat punya cara sendiri untuk menilai.

 

Di kesempatan yang sama, juga hadir Asisten I Pemkot Samarinda Dr Ridwan Tassa. Ia berkesempatan menyampaikan sambutan yang menikberatkan pada persoalan, tantangan perguruan tinggi menyambut Kaltim sebagai Ibu Kota Negara.

 

Sementara pada kesempatan tersebut tampak hadir, Wakil Rektor I UINSI Samarinda Prof Dr Muhammad Nasir MAg yang sekaligus membuka jalannya kuliah umum. Kemudian hadir pula, Wakil Rektor II Prof Dr Zurqoni MAg, Direktur Pascasarjana Dr Muhammad Tahir SAg MM, Wakil Direktur Pascasarjana Dr Khojir MSi dan Sekretaris Program Doktor PAI Dr Agus Setiawan MPd. (*)

Sudah dilihat sebanyak 1,661 kali, Hari ini saja 2 kali