Legislator Kaltim: Perlunya pengawasan berkala tekan inflasi

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun (Foto:HO)

Samarinda – Legislator DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun menegaskan untuk menekan laju inflasi, pemerintah daerah beserta aparat mesti melakukan inspeksi secara berkala ke beberapa pasar dan pergudangan menjelang natal dan tahun baru.

 

“Kalau sidak di awal dan cuma sesekali, memang biasanya persediaan bahan pokok relatif aman dengan harga masih stabil, tapi tunggu jika semakin mendekati hari perayaan keagamaan, sejumlah barang kebutuhan pokok cenderung langka dan mahal,” ujar Samsun di Samarinda, Rabu.

 

Ia meminta agar pemerintah daerah terus aktif memantau dan mengawasi pergerakan di pasar-pasar tradisional maupun modern . Sebab momen seperti  lebaran, natal  dan tahun baru kerap dimanfaatkan para spekulan untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya.

 

Oleh karena itu katanya, praktik penumpukan persediaan barang  kebutuhan pokok oleh para spekulan patut  diawasi mulai sekarang dan berkelanjutan.

 

“Kita tidak tahu ketika hari ini bisa saja harga sembako stabil, namun mendekati  natal dan tahun baru, harga malah cenderung naik dan dibuat seolah-olah ketersediaan barang langka sehingga  sesuka mereka menaikkan harga,” ujar Samsun.

 

Ia  mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang baru saja melakukan sidak di beberapa titik pasar, swalayan, dan pergudangan untuk memastikan bahwa harga dan stok barang masih aman.

 

Menurutnya,  langkah yang dilakukan Pemkot Samarinda bagus untuk ditiru dan mungkin menjadi awal bagi  pemkot dan pemkab lainnya dalam mengambil tindakan yang sama.

 

“Saya menginginkan sidak itu tidak dilakukan hanya sekali itu saja. Perlu dipantau secara berkala untuk mengawasi pergerakan para spekulan menjelang natal dan tahun baru,  agar masyarakat tidak resah karena terjadi lonjakan harga yang tinggi,” harap legislator PDI- Perjuangan ini.(Fn)

Sudah dilihat sebanyak 1,975 kali, Hari ini saja 3 kali