Desa Tengin Baru nominasi transparan informasi publik nasional

Kepala Diskominfo Kaltim HM Faisal (kiri), Kepala Desa Tengin Baru dan Plt Bupati Penajam Hamdam pada ajang nominasi keterbukaan informasi Foto: Diskominfo)

 

Samarinda -Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur salah satu nomine ajang apresiasi desa dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Pusat di Jakarta.

 

“Ada 10 nominasi desa yang mendapatkan apresiasi tahun ini. Masing-masing dari Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Alhamdulillah, perwakilan Provinsi Kaltim masuk nominasi ini,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kaltim Muhammad Faisal dalam keterangan diterima di Samarinda, Kamis.

 

Acara penganugerahan bagi desa informatif itu, dibuka secara langsung oleh Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro dan Sekjen Kementerian Desa, Pemerintah Desa, dan Transmigrasi (Kemendes PDT) yang ditandai dengan pemukulan gong.

 

Para peserta dan tamu undangan hadir dalam balutan busana adat dan batik khas daerah masing-masing sehingga terasa suasana keberagaman Indonesia.

 

Mewakili Provinsi Kaltim, Desa Tengin Baru menjadi salah satu nomine, setelah melewati proses seleksi dan penilaian dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) serta Komisi Informasi Kaltim.

 

“Akhirnya ditetapkan pemenangnya adalah Desa Sendang Sari Yogyakarta dari Indonesia bagian barat, Desa Duda Timur Bali untuk bagian tengah, dan Desa Maitara Tengah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara untuk bagian timur,” kata Faisal.

 

Tujuan kegiatan ini untuk penguatan dan sosialisasi mengenai Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang lebih luas kepada masyarakat.

 

“Kita berharap semua lapisan masyarakat memahami tentang KIP dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari/ hari. Banyak manfaat lain yang didapat oleh pengurus desa dengan menerapkan hal ini,” kata Gede Narayana yang juga komisioner KI Pusat.

 

Nomine 10 desa transparan dalam Apresiasi Desa Keterbukaan Informasi Publik Desa adalah Desa Sendang Sari, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta, Desa Ploso, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Desa Titian Kuala, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Desa Bunga Pasang Salido, Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Kemudian Sumatera Barat , Desa Bukit Jaya, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Desa Ganra, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Desa Bokong, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Desa Duda Timur, Kabupaten Karangasem, Bali, Desa Tengin Baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan Desa Maitara Tengah, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (*)

Sudah dilihat sebanyak 1,528 kali, Hari ini saja 3 kali