Sarkowi: Perkuat wawasan kebangsaan di daerah perbatasan

Anggota DPRD kaltim Sarkowi V Zahry (tengah) berswafoto usai menggelar sosialisasi wawsan kebangsaan di Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu (Foto: Ist)

 

Mahakam Ulu- Legislator DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Sarkowi V Zahry mengatakan,  warga di daerah perbatasan  Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu  yang berbatasan  langsung dengan Sarawak, Malaysia mesti diperkuat wawasan kebangsaannya untuk membentuk benteng pertahanan masyarakat.

 

“Para petinggi kampung apalagi di wilayah pedalaman yang berdekatan  dengan perbatasan negara diharapkan bisa menjadi motor wawasan kebangsaan bagi warganya, sehingga akan terbentuk jiwa nasionalisme yang kuat,” kata Sarkowi saat menggelar Sosialisasi Kebangsaan di Long Bagun, Mahakam Ulu, Senin.

 

Ia menjelaskan, wawasan Kebangsaan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan wawasan dan penguatan kepada masyarakat tentang konsensus kebangsaan  yang meliputi empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Menurutnya, pengamalan butir- butir Pancasila penting diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, terutama di wilayah pedalaman yang dekat dengan perbatasan.

 

“Pengamalan Pancasila yang diterapkan, antara lain mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah, mengembangkan sikap hormat menghormati serta saling bekerjasama, dan menjunjung tinggi kearifan budaya lokal,” terang Sarkowi.

 

Dia juga mengharapkan program wawasan kebangsaan di wilayah pedalaman dan perbatasan bisa lebih diintensifkan, sehingga semakin banyak yang memahami sekaligus diharapkan bisa mengamalkan ke masyarakat luas.

 

“Nilai-nilai budaya luhur yang diterapkan masyarakat lokal harus dipertahankan. Hasil karya cipta mereka mesti dihargai. Sebagaimana karya tersebut menjadi nilai jual dan menjadi kebanggaan terhadap produk lokal,” harapnya.

 

Selain itu katanya, masyarakat lokal juga dipandu untuk lebih memahami akan pentingnya rasa cinta terhadap tanah air, NKRI adalah harga mati, dan juga menjunjung tinggi persatuan di tengah perbedaan.

 

Dikemukakannya bahwa sosialisasi kebangsaan  di wilayah pedalaman apalagi perbatasan sangat urgen dilakukan mengingat betapa pentingnya mempertahankan nilai-nilai keluhuran bangsa dan juga mengokohkan rasa nasionalisme yang mengakar,” ujar Sarkowi.

 

Pada kegiatan sosialisasi kebangsaan yang dilaksanakan di Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu tersebut Anggota DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry di dampingi Komandan Rayon Militer (Danramil) 0912-03 Long Bagun Kapten Rahman Sahanung sekaligus  sebagai narasumber.

 

Sosialisasi wawasan kebangsaan itu juga di hadiri Camat Long Bagun Yason Liah, tokoh adat, para petinggi kampung, dan ratusan masyarakat Long Bagun.(*)

Sudah dilihat sebanyak 1,737 kali, Hari ini saja 2 kali