Legislator M. Udin minta masyarakat Muara Pahu untuk hidup berpancasila

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) M. Udin saat melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di Kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat ,Sabtu (21/1) (Foto: Fan)

Kutai Barat РAnggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) M. Udin minta  kepada masyarakat Kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, untuk hidup berpancasila dan menjadikannya sebagai pondasi yang penting dalam bermasyarakat.

“Pondasi yang penting untuk ditanamkan kepada masyarakat adalah bagaimana mereka memahami nilai-nilai Pancasila dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di setiap aktivitas,” ujar M. Udin saat dihubungi di Kutai Barat, Minggu.

Ia juga menegaskan pentingnya pengamalan Pancasila dan memperkuat kesatuan bangsa. Hal itu disampaikan Udin pada saat sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) kepada warga Kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Sabtu (21/1).

Menurutnya, warga Muara Pahu perlu diberikan pemahaman terhadap wawasan kebangsaan, apalagi kaitannya terhadap penguatan nilai-nilai Pancasila untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pengamalan Pancasila memacu setiap orang untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman budaya, suku, ras, dan agama,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, Pancasila memiliki lima butir sila yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia. Dalam setiap sila, ada nilai yang wajib dipatuhi dan mestinya diamankan oleh seluruh warga Indonesia, sehingga kedaulatan bangsa bisa terjaga secara erat.

Warga di daerah patut dibuka wawasannya terhadap pemahaman akan ideologi negara, cinta NKRI, dan saling menjunjung tinggi nilai- nilai persatuan.

Jadi katanya, memupuk rasa persatuan sangat penting di tengah kekhawatiran atas memudarnya rasa nasionalisme bangsa. Seperti contoh, generasi muda saat ini tidak sedikit yang mulai mengikuti dan mencintai dialek asing dibandingkan bahasa sendiri.

“Dalam bermasyarakat, rasa toleransi dan tenggang rasa tentu akan memberikan pengaruh bagaimana indahnya menjaga keharmonisan dalam kehidupan bersosial di tengah keberagaman,” terang Udin.

Dikatakannya, hal lain yang mesti diamalkan antar lain mengembangkan perilaku luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong, lalu menumbuhkan sikap adil terhadap orang lain.

Kemudian menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain dan senang membantu orang lain untuk berdiri di atas kaki mereka sendiri.

Sementara kegiatan Sosbang yang dilaksanakan anggota DPRD Kaltim Udin di Balai Kampung Tanjung Laong, dimoderatori oleh M. Yusuf, serta menghadirkan pembicara Karyanto dan Dedi Setiawan.(Adv)

Sudah dilihat sebanyak 700 kali, Hari ini saja 6 kali