Satuan Linmas se-Kecamatan Tenggarong dibekali pemahaman wawasan kebangsaan

Wakil Keyua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun saat kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Foto:Achmad)

Tenggarong – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun memberikan pembekalan kepada  satuan Linmas  se-Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutaai Kartanegara tentang  wawasan kebangsaan meliputi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Ia menyebutkan, kegiatan sosbang tersebut dihadiri  perwakilan  para anggota linmas se-Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan perwakilan masing-masing lima orang dari 12 kelurahan dan dua desa.

“Hari ini kami melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan  kepada anggota  linmas se- Kecamatan Tenggarong, yang dihadiri oleh masing-masing lima perwakilan dari 12 kelurahan dan dua desa,” ujar Samsun di Tenggarong, Sabtu.

Pada  kesempatan tersebut, ia menyampaikan kepada para hadirin terkait dengan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam menjaga kesatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia.

Ia menjelaskan, pengamalan terhadap butir-butir Pancasila itu penting dalam penerapan di masyarakat sehari- hari. Salah satunya sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Pada butir sila kedua  ini adalah perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, bahwa manusia merupakan makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama.

“Hal yang mesti diwaspadai adalah adanya degradasi wawasaan kebangsaan terhadap rakyat, maka dari itu penting untuk memberikan pemahaman kepada para linmas sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat,” papar Samsun yang juga Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Dikatakannya, Linmas berperan aktif dalam melayani masyarakat di desa dan juga kelurahan. Mereka sebagai ujung tombak menjaga NKRI ini dan menjaga martabat Indonesia sebagai negara yang betul  kuat.

Lanjutnya, tantangan yang harus diwaspadai jika ada pemudaran rasa nasionalisme terhadap bangsa. Oleh karena itu, ideologi negara,  Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan kebhinekaan menjaga kedaulatan bangsa, ini harus betul-betul dijaga.

Sementara itu, Camat Tenggarong Sukono mengucapkan apresiasi kepada Muhammad Samsun sebagai perwakilan rakyat provinsi Kaltim bersedia memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan pada linmas di kecamatan yang dia pimpin.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan Tenggarong berterima kasih pada Samsun yang telah melaksanakan sosialisasi kebangsaan kepada linmas, semoga ini benar-benar bermanfaat,” tutur Sukono.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut berharga karena selama ini anggota linmas kurang dalam memaahami ideologi bangsa, UUD 1945, dan Pancasila.(Ahmad/ADV/DPRD Kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 653 kali, Hari ini saja 20 kali