Pemprov sidak pasar, harga sembilan bahan pokok di Samarinda stabil

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Sekprov Kaltim Sri Wahyuni berdialog dengan salah satu pedagang di Pasar Segiri Samarinda. (Foto: Biro Adpim Pemprov Kaltim)

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dipimpin penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional Segiri Samarinda, harga sembilan bahan kebutuhan pokok terpantau stabil dan ketersedian aman untuk beberapa waktu mendatang.

“Harga berbagai komoditas sembako stabil, namun ada beberapa mengalami kenaikan seperti  kedelai yang relatif tinggi, karena kesulitan produksi,” kata Akmal Malik di Samarinda, Sabtu.

Akmal Malik didampingi  Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni dan Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ujang Rachmad melakukan pemantauan  harga dan stok sembako di Pasar Segiri.

Ia mengatakan pemerintah dengan turun langsung ke pasar-pasar tradisonal  sebagai monitoring atau pemantauan untuk menjaga  harga tetap stabilitas  dan stok pangan aman.

Menurutnya, harga sejumlah komoditas seperti daging sapi, ayam dan ikan stabil. Begitu juga sayur-mayur juga stabil, termasuk harga cabai.

Bukan hanya harga, stok komoditas juga selalu ada berarti aman. Bahkan, hingga akhir tahun 2023 ini ketersediaan masih aman.

“Inflasi di Kaltim aman, tetapi kita harus menjaga agar tetap stabil atau turun. Untuk itu, ketahanan pangan di Kaltim harus menjadi perhatian bersama,” pesannya.

“Alhamdulillah, ketahanan pangan Kaltim bagus. Ketersediaan bahan pokok kita juga bagus. Karena itu, saya minta seluruh pihak bekerjasama untuk mempertahankan kondisi ini,” katanya.

Berdasarkan  hasil monitoring di Pasar Segiri Samarinda, harga bawang putih kupas Rp40 ribu per kilogram, bawang merah kupas Rp30 ribu per kilogram, bawang putih biasa Rp35 ribu, bawang merah biasa Rp25-30 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah kecil Rp55-60 ribu per kilogram dan daging sapi Rp120 ribu per kilogram.(Adv/Diskominfo Kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 693 kali, Hari ini saja 6 kali