Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik lantik petugas haji 2024

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 2024 di Embarkasi Haji Balikpapan.(Foto: Adpim Prov Kaltim)

Balikpapan-  Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 2024 di Embarkasi Haji Balikpapan.

“Jamaah haji kita ini kebanyakan lanjut usia, oleh karena itu petugas di lapangan harus lebih sabar,” kata dia di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Batakan di Balikpapan, Senin.

Ia menyebut baik pelayanan maupun infrastruktur yang disediakan bagi jamaah haji harus layaka bagi para calon haji dari kalangan lansia, di antaranya petugas wajib menyiapkan kursi roda dan fasilitas ramah lansia, termasuk makanan yang akan diberikan bagi calon haji lansia.

“Makanannya tolonglah yang empuk-empuk. Roti-rotinya ramah dengan perut,” katanya.

Ia optimistis dengan pelayanan yang baik dan ramah lansia maka mampu memberikan kenyamanan bagi calon haji dalam menjalankan ibadah haji.

“Menunya jangan daging semua. Nanti takutnya jamaah malah sakit sebab sulit mengonsumsi makanan,” katanya.

Akmal yang juga Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini, mengingatkan seluruh PPIH memahami secara baik objek yang dilayani.

“Perhatikan kesehatan mereka dan lihat kondisi di sana (Makkah dan Madinah) dengan jamaah kita. Sebab, pasti ada perbedaan iklim Kaltim dengan Arab Saudi,” ujarnya.

Selain itu, segera intensif melakukan identifikasi para calon haji, terutama lansia, yang rentan perubahan situasi alam serta cuaca.

“Kalau sakit encok, sakit asam urat, maka perbanyak kursi roda. Atau hindari sakit perut, berikan makanan yang cocok bagi lansia,” katanya.

Ia bersyukur selama penyelenggaraan ibadah haji untuk Embarkasi Haji Balikpapan dan PPIH tidak mengalami permasalahan yang berarti.

“Orang yang kita layani menjadi kunci keberhasilan suatu pelayanan, tidak terkecuali pelayanan ibadah haji ini,” katanya.

Pelantikan petugas haji pada 2024 bertema “Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia” dirangkai meal test oleh maskapai penerbangan bagi jamaah calon haji Embarkasi Haji Balikpapan.

Mereka yang dilantik itu, Ketua PPIH Embarkasi Haji Balikpapan Abdul Khaliq (Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim), wakil ketua Dasmiah (Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kaltim), dan sekretaris PPIH Mulyadi.

Koordinator PPIH Embarkasi Haji Balikpapan Akmal Malik (Pj Gubernur Kaltim) dan wakil koordinator M Syirajuddin (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Kaltim).(*)

Sudah dilihat sebanyak 1,843 kali, Hari ini saja 2 kali