Dishub di Kaltim diminta siapkan jalur alternatif jelang HUT RI di IKN

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik (Foto: Adpim Prov)

Penajam- Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meminta Dinas Perhubungan (Dishub) wilayah setempat untuk menyiapkan jalur alternatif menuju Ibu Kota Nusantara ( IKN) sebagai persiapan peringatan HUT RI ke 79 secara nasional.

Akmal Malik di Penajam Paser Utara, Rabu, menjelaskan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2024 tersebut akan dilaksanakan di Sepaku, IKN.

Persiapan jalur alternatif, kata Akmal Malik, sebagai persiapan mengantisipasi banyaknya tamu undangan yang hadir dari luar daerah menuju IKN.

“Tanggal 17 Agustus nanti, crowded-nya pasti luar biasa itu. Ini ujian kita. Saya minta Dishub tolong koordinasikan. Mungkin ada jalan alternatif yang dipotong langsung ke IKN. Balikpapan dan PPU (Penajam Paser Utara) siapkan juga alternatif jalur laut, jangan mengandalkan darat saja,” ujar Akmal Malik.

Akmal berpendapat jalur laut menuju IKN dimungkinkan dari wilayah Penajam dan Balikpapan karena jarak tempuh dinilai tidak terlalu lama.

“Saya sudah coba kemarin bersama Wali Kota Balikpapan, hanya sekitar 35 menit dari Pelabuhan Semayang,” kata Akmal.

Dua bandara di Kaltim yakni Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda dipastikan akan melayani rute penerbangan para tamu luar daerah yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini juga meminta Dishub Kaltim membantu mengkoordinasi transportasi darat para tamu luar daerah dari dua bandara tersebut.

“Panitia memang dari Mensesneg, tapi pasti juga butuh dukungan transportasi dari Pemprov Kaltim,” kata Akmal Malik (*)

Sudah dilihat sebanyak 1,989 kali, Hari ini saja 37 kali