Dosen FUAD UINSI berbagi ilmu di FPI UKM Malaysia

Samarinda – Program Visiting Lecture dan Lecture Professor, Research Collaboration, serta Student Mobility Program di Fakulti Pengajian Islam (FPI) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menambah pengalaman internasional bagi lima dosen dan dua belas mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Tidak hanya berkunjung, mereka juga berbagi ilmu dengan mengajar di kelas pascasarjana FPI UKM.

Rombongan ini dilepas oleh Rektor UINSI Samarinda, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag pada 14 Mei 2024. Setibanya di Malaysia, setelah acara seremonial penerimaan, dilanjutkan dengan kegiatan visiting lecture dan professor. Prof. Dr. H. Abzar Duraesa, M.Ag langsung mengajar mata kuliah Falsafah dan Pendekatan Studi Islam di kelas Pascasarjana FPI UKM. Pertemuan sesi pertama dihadiri oleh delapan mahasiswa dan dosen pembimbing.

Dalam presentasinya, Prof. Abzar menjelaskan bahwa kajian falsafah tidak bisa dipisahkan dari studi Islam. Dasar pemikiran mengenai urgensi studi Islam bersumber dari logika dan realitas yang berkembang di tengah masyarakat Islam. “Pada dasarnya Islam bisa dilihat dari dua aspek; pertama, Islam sebagai sebuah doktrin; kedua, Islam sebagai sebuah realitas di tengah masyarakat. Pada aspek pertama, kajian Islam bisa diperdalam melalui pengkajian kitab Turats, sementara pada aspek kedua, pendekatan studi Islam diperlukan,” ujar Prof. Abzar.

Kuliah tersebut diwarnai dialog yang sangat serius, terutama ketika para mahasiswa master menyampaikan kasus-kasus yang menjadi topik penelitian mereka.

Kegiatan visiting lecture dan professor di UKM Malaysia akan berlangsung selama delapan hari. Para dosen dan professor mengajar langsung di kelas, baik pada tingkat sarjana maupun pascasarjana. Ada beberapa kesesuaian materi perkuliahan antara dua fakultas yang melaksanakan kerjasama ini, seperti mata kuliah yang diampu Prof. Madya Dr. Latifah Abdul Majid, dan Rasm Dabt dan Fawasil al-Quran, kemudian Dr. Sabri Mohamad dengan Metodologi Dakwah Muslim, dan Dr. Ahmad Irdha Mokhtar serta mata kuliah lainnya.

Prof. Dr. Abdul Majid, Dr. Mursalim, M.Ag, dan Dr. Moh. Salehudin juga melaksanakan tugas mengajar di kelas sesuai materi pelajaran yang disampaikan pada sesi pertemuan. (*)

Sudah dilihat sebanyak 1,926 kali, Hari ini saja 35 kali