Agiel Suwarno ingatkan warga dan perusahaan taat bayar pajak

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Kaltim Agiel Suwarno (Foto: Dok Humas DPRD Kaltim)

Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur Kaltim Agiel Suwarno mengingatkan kepada warga dan perusahaan untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor, khususnya bagi warga dan perusahaan di Kaltim. Masyarakat agar memastikan kendaraannya terdaftar dengan Nomor polisi (plat) Kaltim,” katanya di Samarinda.

Ia mengatakan kendaraan dengan nomor polisi dari luar Kaltim mempengaruhi penerimaan pajak daerah.

“Karena operasionalnya kan di sini, pajaknya harusnya masuk ke Kaltim,” ujar Agiel.

Selain pajak kendaraan, Agiel juga menyoroti terkait tenaga kerja asing (TKA). Dalam hal ini, dia meminta agar perusahaan-perusahaan yang ada bisa melakukan pendataan terkait jumlah pasti TKA di perusahaan yang bersangkutan.

Pihaknya menilai, pendataan terkait TKA ini sangat penting untuk dilakukan, ujuannya untuk mengetahui, apakah TKA yang ada itu bekerja di lintas kabupaten dan kota atau justru tidak.

Menurutnya jika sudah diketahui secara detail terkait TKA, maka nantinya bisa diketahui retribusi atau Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) itu masuk ke provinsi atau kabupaten dan kota.

“Karena ini kaitannya dengan retribusi dari sektor pekerja asing. Kami juga sedang membahas Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah,” katanya. (Adv/DPRD Kaltim)

 

Sudah dilihat sebanyak 7,667 kali, Hari ini saja 2 kali