UMKM ramaikan pasar Ramadhan di Gor Segiri Samarinda

Pasar Ramadhan di Halaman Gor Segiri Samarinda ramai dikunjungi warga

Samarinda – Sebanyak 130 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terdiri dari lapak kuliner yang menjual berbagai macam takjil dan juga non kuliner memeriahkan Pasar Ramadhan atau Wisata Belanja  di Halaman Gor Segiri Samarinda, dengan dipenuhi antusias pengunjung yang datang berbelanja untuk santapan berbuka puasa.

“Bersyukur hari pertama bulan puasa sekitar ribuan pengunjung datang ke pasar Ramadhan ini, dan sebanyak 130 lapak yang kami siapkan semuanya terisi penuh oleh pedagang yang sebagian besar adalah penjual makanan,” ucap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Samarinda Muslimin di Samarinda, Kamis.

Dikatakannya, untuk lapak yang disiapkan berukuran 4×4 meter per stand, dengan fasilitas listrik, keamanan dan kebersihan yang biaya total sewa sebesar Rp1.200.000 per lapak selama satu bulan.

Lanjutnya, pihak panitia memantau bahwa hampir semua pedagang ramai dikunjungi warga, karena memang lumrah seperti tahun-tahun sebelumnya, Wisata Belanja Ramadhan di Halaman Gor Segiri kerap ramai didatangi warga.

“Untuk produk yang dijual sebagian besar adalah kue-kue basah khas Nusantara, antara lain ada kue khas Banjar, Kutai, Jawa, Bugis, dan lainnya, bahkan untuk makanan berat seperti lauk pauk dan sayur masak pun juga lengkap dijual. Kalau dihitung, sekitar 95 UMKM adalah penjual makanan, sisanya non kuliner seperti baju dan mainan,” ucap Muslimin yang juga penanggungjawab kegiatan tersebut.

Dijelaskannya, untuk jenis makanan yang banyak diserbu pengunjung  masih rata-rata kue basah, minuman es buah dan gorengan. Namun  sebenarnya hampir semua ramai, bahkan sampai sekitar pukul 17.30  WITA ada beberapa UMKM yang dagangannya sudah habis, serta sebagian besar ada yang sisa 30 persen.

“Untuk menambah kemeriahan Wisata Belanja Ramadhan, kami juga menyediakan panggung hiburan dan juga beberapa lomba disiapkan panitia, yang akan dimulai pada hari kedua Ramadhan, sekaligus prosesi pembukaan oleh Wali Kota Samarinda,” ujar Muslimin.

Ia menerangkan bahwa semua pedagang yang terdaftar di Wisata Belanja Ramadhan diuruskan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga ada jaminan asuransi mana kala pedagang mengalami insiden selama kegiatan tersebut berlangsung, meski pun berharap semua baik dan lancar hingga ujung acara.

Terus dikatakannya, untuk minat pendaftar lapak sangat banyak, tetapi jumlah yang disediakan hanya 130  stand, sehingga dalam pendaftarannya juga diseleksi oleh panitia.(*)

Sudah dilihat sebanyak 705 kali, Hari ini saja 2 kali