Menpora hadiri malam pembukaan OICCA 2023 Kaltim

Menteri Pemuda Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Foto: Diskominfo Kaltim)

Samarinda – Menteri Pemuda Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo hadir dalam malam pembukaan dan ramah tamah Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA) tahun 2023 dimana selaku tuan rumah Jakarta dan Kalimantan Timur. Dihadiri 57 delegasi negara luar yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) .

“Dalam sepekan  ke depan akan engagement dan merekatkan hubungan antar negara, sehingga bisa bertukar pikiran dan menghasilkan kerjasama ke depannya,” kata Ario Bimo saat sesi jumpa pers di Kantor Gubernur Kaltim aula Odah Etam, Sabtu.

Ia mengatakan, hal ini adalah sejarah dimana bisa merekatkan seluruh anggota OKI ini disektor kepemudaan, sosial inovasi, entrepreneurship, transfer knowledge teknologi, dimana fokus pada  pertukaran pemuda untuk mengenalkan budaya Indonesia begitupun sebaliknya.

Ario Bimo juga mengapresiasi Kaltim yang menjadi tuan rumah OICCA 2023 karena sangat siap untuk mengadakan acara internasional ini, sekaligus untuk memperkenalkan daerah Kaltim sebagai Ibukota Negara Baru Indonesia.

“Kaltim paling siap dan sekaligus ingin menunjukan IKN ke para delegasi luar negeri yang mengikuti OICCA 2023. Dalam seminggu ke depan akan menampilkan kebudayaan dan transformasi yang sangat pesat Indonesia khususnya Kaltim untuk menyambut IKN,” katanya.

Seperti diketahui agenda pertama pada tanggal 9 Juli 2023 para peserta OICCA akan mengunjungi desa budaya Pampang, mereka akan mengikuti upacara adat seperti penyambutan tamu Alut Adang (Perahu terbang).

Kemudian ke Budhist Center, Masjid Baitul Mutaqien Islamic Center, Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong Kutai Kartanegara, Masjid Jami Aji Amir Hasanuddin dan berakhir menghadiri pembukaan Tenggarong Internasional Folk Art Festival (TIFAF). (*)

 

Sudah dilihat sebanyak 1,805 kali, Hari ini saja 4 kali