Perusda sebagai potensi PAD Kaltim, Diperlukan pengelola yang kompeten

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Seno Aji (Foto: dok)

Samarinda – Potensi besar Perusahaan Daerah (Perusda) sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kalimantan Timur (Kaltim) dapat terwujud melalui pengelolaan yang efektif dan SDM yang berkompeten.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Seno Aji, menekankan bahwa semua daerah memiliki keunggulan ekonomi di sektor tertentu, dan Kaltim dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) mineral dan migas merupakan salah satunya.

Seno Aji menyatakan bahwa Perusda yang dikelola secara tepat sesuai dengan sektor unggulan daerah mampu memberikan kontribusi besar terhadap PAD. “Perusda sebenarnya bisa menjadi penyumbang PAD terbesar kedua setelah pajak daerah,” ujar Seno.

Legislator dari Fraksi Gerindra ini menyadari bahwa beberapa Perusda tidak berjalan optimal karena kurangnya kompetensi pengelolanya dan lemahnya pengawasan dari badan pengawas dan pemerintah daerah. Akibatnya, Perusda tidak dapat berkembang dan tidak memberikan manfaat maksimal bagi daerah.

Seno Aji menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim perlu memberikan perhatian khusus pada perkembangan Perusda.

“Perusda, setelah dibentuk, tidak berkembang dan tidak tumbuh sebagaimana diharapkan. Padahal, tujuannya menjadi sumber PAD yang signifikan bagi Kaltim. Itulah yang harus dimaksimalkan oleh pemprov,” paparnya. (*/adv/dprd kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 104 kali, Hari ini saja 2 kali