Dukungan digitalisasi untuk pengembangan Pariwisata Kaltim

Digitalisasi memiliki peran kunci dalam mempromosikan dan mempermudah akses ke destinasi pariwisata di Kaltim.

Samarinda – Rusman Ya’qub, anggota Komisi IV DPRD Kaltim yang bertanggung jawab atas sektor pariwisata, menyoroti potensi besar dan beragam pariwisata di Kalimantan Timur (Kaltim). Dia menegaskan bahwa dukungan dari berbagai pihak, termasuk digitalisasi, sangat penting untuk mengembangkan sektor ini. Menurutnya, digitalisasi memiliki peran kunci dalam mempromosikan dan mempermudah akses ke destinasi pariwisata di Kaltim.

Rusman menyatakan, “Digitalisasi bisa membantu kita menjangkau pasar yang lebih luas, baik nasional maupun internasional. Dengan digitalisasi, kita bisa membuat website, aplikasi, media sosial, dan platform lainnya yang menampilkan informasi dan gambaran tentang pariwisata Kaltim.”

Selain sebagai alat promosi, digitalisasi juga dianggap dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan pelaku usaha pariwisata. Penggunaan sistem reservasi online, pembayaran digital, manajemen data, dan inovasi lainnya dianggap dapat memperkaya pengalaman para pelancong.

“Digitalisasi juga dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kaltim. Mereka dapat dengan cepat mendapatkan informasi yang akurat tentang destinasi, akomodasi, transportasi, dan fasilitas lainnya di Kaltim,” tambah Rusman.

Rusman menegaskan komitmen pihaknya untuk mendorong pengembangan pariwisata Kaltim melalui digitalisasi. Kunjungan kerja ke destinasi-destinasi seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Bawean, Pulau Balabalagan, Pulau Samber Gelap, dan lainnya menjadi bagian dari upaya tersebut.

“Kami ingin melihat potensi pariwisata di daerah-daerah tersebut, mendengarkan aspirasi pengelola dan masyarakat setempat, serta memberikan dukungan dalam hal digitalisasi,” ujar Rusman.

Rusman berharap bahwa dengan digitalisasi, sektor pariwisata Kaltim dapat terus berkembang, meningkatkan daya saing, serta memberikan manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Kami yakin bahwa pariwisata Kaltim memiliki potensi besar, dan dengan digitalisasi, kita dapat mengoptimalkan potensi tersebut untuk menciptakan sektor pariwisata yang lebih maju dan profesional,” tandasnya. (*/adv/dprd kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 116 kali, Hari ini saja 2 kali