Komisi IV DPRD Kaltim dukung pemdes jadi pilar pembangunan

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi saat memberikan sambutan bimbingan teknis bagi aparatur desa se-Kutai Kartanegara di Balikpapan (Foto: Humas DPRD kaltim)

Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi mendukung peran pemerintahan desa sebagai garda terdepan pembangunan di Benua Etam.

“Pemerintah desa memiliki peran krusial memajukan kawasan, mengembangkan sumber daya manusia, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Reza di Samarinda.

Hal itu sampaikan Reza seusai menghadiri bimbingan teknis bagi aparatur desa se-Kutai Kartanegara yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, di Balikpapan beberapa waktu lalu.

Menurutnya tujuan bimtek adalah penguatan kompetensi aparatur desa dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat.

Dikemukakannya bahwa Komisi IV telah mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana di daerah pedesaan dan bantuan sarana olahraga pada 2023.

Menghadapi Pemilihan Umum 2024, pihak pemerintahan desa di Kukar juga telah dibekali atribut keamanan dan ketertiban (trantib), selain 1.500 pakaian seragam untuk perlindungan masyarakat (linmas) dan perangkat komunikasi handy talkie.

Kegiatan dukungan itu, diharapkan berdampak positif terhadap pengelolaan dan pembangunan desa di Kaltim, serta memastikan aparatur desa memiliki kemampuan memadai demi pelayanan optimal kepada masyarakat.

Menurutnya sebagai wakil rakyat Kaltim dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Reza berkomitmen mendukung pembangunan di Kutai Kartanegara selama 2023.

“Kami telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan, penanggulangan bencana, bidang sosial, dan keolahragaan,” kata politikus Gerindra itu.

Reza  meminta aparatur desa berperan aktif dalam kegiatan pembangunan, termasuk kesuksesan Pemilu 2024.

“Kami berharap aparatur desa dapat bekerja sama untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar,” katanya.

Reza menambahkan dengan adanya dukungan anggaran, Kutai Kartanegara diharapkan akan semakin berkembang dan masyarakat mendapatkan manfaat dari program-program yang telah direncanakan. (Adv/DPRD Kaltim)

 

Sudah dilihat sebanyak 474 kali, Hari ini saja 2 kali