Baznas Kabupaten Kukar targetkan himpun zakat hingga Rp5 miliar

Baznas Kukar dan Sekda Kukar Sunggono (Foto: Prokom Kukar)

Tenggarong – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kutai Kartanegara (Baznas Kukar), Kalimantan Timur, menargetkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah senilai Rp5 miliar pada 2024, atau meningkat ketimbang tahun sebelumnya yang terkumpul Rp3,6 miliar.

“Target ini tertuang dalam penandatanganan perjanjian kinerja Tahun 2024 antara Pemerintah Kabupaten Kukar dengan Baznas Kukar yang kami lakukan tadi,” ujar Ketua Baznas Kukar Shafik Avicenna seusai penandatanganan di Tenggarong, Kamis.

Perjanjian dilakukan untuk mengikat kinerja antara Baznas Kukar dan pemerintah setempat, guna memenuhi target selama satu tahun anggaran, yakni dengan kinerja yang berfokus pada pengentasan kemiskinan bagi pengelolaan dan pemanfaatan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Penandatangan ini dilakukan oleh Sekretaris Kabupaten Kukar Sunggono dan Ketua Baznas Kukar, disaksikan Ketua MUI Kabupaten Kukar KH Abdul Hanan, Kepala Inspektorat Heriansyah, Kepala BPKAD Kukar Sukotjo, Kabag Kesra Dendy Irwan Fahriza, Kemenag Kukar dan jajaran Baznas setempat.

Shafik menjelaskan bahwa pada 2023 Baznas Kukar sudah menerima ZIS senilai Rp3,6 miliar, sedangkan kegiatan yang sudah dilakukan pihaknya antara lain Program Zakat Community Development, Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kukar Sehat, dan Program Kukar Peduli.

Untuk penyaluran, diprioritaskan kepada fakir miskin yang dengan penggunaan biaya mencapai 70 persen, sedangkan untuk tahun 2024 pihaknya sudah menyusun program agar semua kecamatan di Kukar bisa mendapat secara merata.

Ia menyatakan, visi Baznas Kukar adalah menjadikan Baznas yang kuat, amanah, akuntabel, dan transparan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat, sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat ke depan.

Dalam penandatanganan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan rehabilitasi rumah ibadah dari Program Kukar Idaman, dari Pemkab Kukar kepada Baznas Kukar.

Sementara Sekkab Kukar Sunggono mengatakan selama ini Baznas turut membantu pemerintah dalam berbagai hal, termasuk dalam pengentasan kemiskinan melalui berbagai program yang rutin dijalankan.

“Baznas juga melengkapi program bersama Pemkab Kukar dalam membantu kebutuhan masyarakat, yakni ketika ada masyarakat yang memerlukan bantuan di luar apa yang terencana di pemerintahan, sehingga dalam hal ini Baznas yang bisa membantu,” kata Sunggono.

Sudah dilihat sebanyak 2,334 kali, Hari ini saja 2 kali