Pj Gubernur Kaltim apresiasi sejumlah prestasi Kota Samarinda

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal malik bersama Walikota Samarinda Andi Harun dan sejumlah pimpinan DPRD Kota Samarinda usai rapat paripurna.(Foto: Adpim Prov Kaltim)

Samarinda – Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik mengapresiasi sejumlah prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Kota Samarinda di sejumlah kegiatan daerah dan nasional di 2023 yang terus mengalami peningkatan.

Sebagai Ibu Kota Provinsi, kata Akmal Malik di Samarinda, Senin, prestasi yang dicapai oleh Pemkot Samarinda ini terutama dalam pembangunan dan penataan wajah Kota menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) patut di contoh oleh daerah lain.

“Prestasi Kota Samarinda bisa dicapai berkat kolaborasi dengan teman-teman DPRD serta dukungan penuh masyarakat dan OPD. Tidak ada sendiri bekerja,” kata Akmal Malik pada Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda dalam rangka HUT Kota Samarinda ke 356 dan HUT Pemerintah Kota Samarinda ke-64 Tahun 2024 di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Samarinda.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiyono didampingi Wakil Ketua Helmi Abdullah, Rusdi dan Subandi, serta 38 anggota, dihadiri Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakil Wali Kota Rusmadi, serta jajaran Forkopimda Kota Samarinda dan pimpinan perangkat daerah Pemerintah Kota Samarinda.

Akmal Malik menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke-356 tahun Kota Samarinda dan Pemerintah Kota Samarinda ke-64 tahun.

“Semoga Kota Samarinda semakin maju dan mampu menjadi kota yang memberikan pelayanan terbaik bagi warganya,” ucapnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun meminta masyarakat, terutama media massa untuk ikut berkontribusi memberi masukan/saran dan mengkritisi serta mendukung kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Jangan hanya mengkritisi yang aneh-aneh saja. Bantu juga beritakan apa saja keberhasilan dan prestasi pemerintah,” pesannya.

Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim menurut Akmal, etalasenya bumi Benua Etam harus mampu berkolaborasi dengan kabupaten dan kota lainnya.

“Pak Wali, Wawali, DPRD dan OPD harus terus bekerjasama agar mampu mengeksekusi hal-hal baik dan berbuat yang terbaik, sehingga masyarakat merasa dilayani dan terpenuhi kebutuhannya,” pintanya.

Wali Kota Samarinda Andi Harun dalam menyampaikan berbagai capaian kinerja Pemerintah Kota Samarinda dan prestasi yang telah diraih, terutama dalam mewujudkan 10 program prioritas pembangunan Kota Tepian.

“Apa yang kita laksanakan untuk pembangunan, pada dasarnya dalam rangka mendorong pertumbuhan, menciptakan dan memperluas lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Sepuluh program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Samarinda diantaranya, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) telah dianggarkan dalam APBD Kota Samarinda sebesar Rp200 miliar untuk dilaksanakan sepuluh kecamatan di 59 kelurahan yang tersebar di 1.974 Rukun Tetangga.

Selain itu, program pengendalian banjir, sistem transportasi modern, program social security number, smart city plus, doctor on call, bantuan pendidikan 12 tahun, badan usaha milik RT, pengembangan RTH dan program penciptaan 10.000 wira usaha baru.

“Kami sangat berterima kasih dan apresiasi atas dukungan dan pembinaan Pemerintah Provinsi Kaltim, semoga dukungan itu menjadikan Samarinda semakin maju,” tegasnya.

Rapat paripurna dirangkai penyerahan penghargaan kepada para anggota legiun veteran RI Kota Samarinda dari Pemerintah Kota Samarinda. (Art)

Sudah dilihat sebanyak 1,843 kali, Hari ini saja 4 kali