Pj Gubernur sebut IKN Nusantara berkah untuk masyarakat Kaltim

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di dampingi Pj Bupati PPU Makmur Marbun saat melakukan peninjauan di IKN (Foto: Diskominfo Kaltim)

Balikpapan – Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membawa berkah luar biasa bagi seluruh masyarakat Kaltim.

“Berkah yang dirasakan bukan hanya sektor pembangunan di daerah, namun hampir semua wilayah di Kaltim saat ini menjadi tujuan kunjungan oleh pejabat pusat,” kata Akmal Malik di Balikpapan.

Bahkan kata Akmal, Presiden Joko Widodo pun telah dijadwalkan hadir ke Kutai Barat untuk menghadiri Festival Dahau di Alun-Alun Itho Barong Tongkok, Jumat pekan ini.

“Kita harus berbahagia karena Presiden Joko Widodo memberikan perhatian luar biasa kepada Kalimantan Timur. Ini berkah dari IKN,” kata Akmal.

Akmal menilai perhatian Presiden Joko Widodo luar biasa untuk Kalimantan Timur dan semestinya harus dibalas dengan perhatian luar biasa pula bagi masyarakat Kaltim untuk mendukung IKN.

Dukungan menurutnya bisa diberikan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Termasuk dukungan penuh dari Pemprov Kaltim dan seluruh pemerintah kabupaten dan kota se Kaltim.

“Makanya kita sebagai orang Kaltim harus lebih besar juga perhatiannya untuk IKN,” harap Akmal.

Sebagai Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal akan mengoptimalkan peran seluruh organisasi perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim untuk mendukung IKN.

“Jadi program-program pemerintah daerah harus juga diarahkan untuk mendukung IKN,” tegas Akmal.

“Program-program OPD provinsi dan kabupaten kota harus dikerahkan untuk mendukung IKN. Perhatian Presiden untuk Kaltim sudah luar biasa. Maka seharusnya kita balas juga dengan perhatian yang luar biasa untuk IKN,” seru Akmal.

Khusus kepada para aparatur sipil negara, Akmal mengajak semua bekerja lebih giat lagi untuk kemakmuran rakyat.

Akmal menjelaskan kerja IKN sudah menjadi otoritas pusat untuk membangunnya, tugas daerah memperkuat kawasan penyangga IKN.

“Daerah penyangga ini akan berkontribusi terhadap IKN. Kita harus berkolaborasi, karena kita semua akan menjadi mitra IKN.

Semua akan menjadi mitra IKN, hanya soal jauh dekatnya saja. Pada saatnya kita semua akan menjadi mitra terdekat IKN,” tegas Akmal Malik yang juga masih dipercaya menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu.

Akmal meminta semua pimpinan OPD di provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyusun program-program yang bersinergi dan selaras dengan program pembangunan IKN.(Adv/Diskminfo Kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 288 kali, Hari ini saja 2 kali