DPRD Kaltim dukung Job Market Fair yang digelar Disnaker

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud saat mendampingi Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik pada pembukaan Job Market Fair di Pentacity Mall BSB Balikpapan (Foto: Humas DPRD Kaltim)

Balikpapan – Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud menyatakan mendukung kegiatan Pameran Bursa Kerja Kaltim 2023  atau Job Market Fair yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrnas) Kaltim di Pentacity Mall BSB Balikpapan, Jumat (1/12).

“Atas nama DPRD Kaltim mengapresiasi dan mendukung terhadap program-program dalam upaya untuk menciptakan dan memperluas lapangan dan kesempatan kerja di daerah ini,” katanya.

Lanjutnya termasuk kepada pelatihan-pelatihan keterampilan dan penyediaan tenaga-tenaga kerja yang siap pakai.

Hasanuddin menilai, persoalan ketenagakerjaan merupakan satu dari sekian banyak persoalan kependudukan di Kaltim. Oleh karena itu perlu upaya semua pihak untuk menekan angka pengangguran serta perlu menerapkan sistem rekrutmen yang transparan dan kompetitif.

Menurutnya dengan adanya bursa kerja atau Job Market Fair  dapat memfasilitasi langsung antara pengguna dan pencari kerja. Karena bursa kerja  memiliki nilai strategis bagi pihak pengguna dan pencari kerja.

Diketahui bahwa kegiatan  tersebut digagas Disnakertrnas Kaltim  bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja yang dilaksankan dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2023.

Kegiatan Job Market Fair  di buka Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Pentacity Mall BSB Balikpapan.

Akmal Malik mengatakan, berdasarkan data dari BPS Kaltim, keadaaan ketenagakerjaan pada Agustus 2023 terus membaik dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,31 persen.

Jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 sebanyak 1.950.860 orang, naik 98.058 orang dibanding Agustus 2022. Dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebesar 0,84 persen.

“Artinya kondisi ketenagakerjaan Provinsi Kaltim pada Agustus 2023 telah pulih dibandingkan sebelum pandemi. Tingkat pengangguran terbuka Agustus 2023 sebesar 5,31 persen, turun 0,40 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2022. Penduduk yang bekerja sebanyak 1.847.295 orang, meningkat sebanyak 100.375 orang dari Agustus 2022,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Kaltim Rozani Erawadi  menjelaskan  Job Market Fair 2023 di Balikpapan merupakan pelaksanaan kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Samarinda beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan kegiatan Job Market Fair ini merupakan upaya pemerintah mendekatkan para pencari kerja dengan lapangan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan.

“Total ada sekitar 70 perusahaan berpartisipasi di Job Market Fair kali ini, dengan 1.073 lowongan jabatan. Mudah-mudahan bisa terserap seluruhnya dengan betul-betul mengutamakan warga atau masyarakat Balikpapan dan kaltim pada umumnya,” ujar  Rozani Erawadi (Adv/DPRD Kaltim)

 

Sudah dilihat sebanyak 585 kali, Hari ini saja 2 kali