DPRD Kaltim dan SKK Migas bahas program pengembangan produksi

Komisi II DPRD Kaltim bersama pimpinan dewan melakukan pertemuan dengan pihak SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi (Foto: Humas DPRD Kaltim)

Samarinda – Komisi II DPRD Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Kalimantan dan Sulawesi guna membahas program strategis sektor migas pengembangan produksi Migas di Kaltim.

“Kunjungan kerja tersebut Rabu (13/12) di Balikpapan dalam rangka membahas program strategis pengembangan produksi Migas di Kaltim,” kata Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono di Samarinda.

Ia mengatakan pertemuan tersebut juga dalam rangka ingin mengetahui peluang kerjasama antara SKK Migas dengan perusahaan daerah di Kaltim.

Nidya berharap ada kerja sama antara Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Timur sehingga dapat memberikan sumbangsih terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami memiliki BUMD di bidang Migas,yakni PT Migas Mandiri Pratama Kalimantan Timur (PT. MMP Kaltim) yang juga perlu didorong dalam ekspansi usaha,” katanya.

Menurutnya kerja sama antara SKK Migas dengan BUMD Kaltim dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti kerja sama operasi (KSO) atau kerja sama lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami berharap SKK Migas dapat memberikan kesempatan lebih luas kepada BUMD Kaltim untuk terlibat dalam kegiatan usaha hulu migas,” ujar Nidya.

Lanjutnya penguatan kerja sama antara SKK Migas dengan BUMD Kaltim juga dapat meningkatkan peran BUMD dalam pembangunan daerah.

“Hal itu dapat meningkatkan PAD dan digunakan untuk membiayai pembangunan daerah,” kata Nidya.

Ia berharap, hasil kunjungan kerja tersebut dapat menjadi dasar bagi Komisi II DPRD Kaltim untuk mendorong pengembangan produksi migas di Kaltim.

DPRD Kaltim akan terus mendorong pengembangan produksi migas di Kaltim dan diharapkan produksi migas dapat terus meningkat sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian daerah.

Sementara kunjungan kerja Komisi II DPRD Kaltim itu turut mendampingi, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji dan Sigit Wibowo.

Sedangkan anggota Komisi II DPRD Kaltim terdiri dari Nidya Listiyono, Ambulanci Komariah, Selamat Ari Wibowo, Sapto Setyo Pramono dan Muhammad Adam,  dan rombongan DPRD tersebut diterima langsung Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi, Azhari Idris. (Adv/DPRD Kaltim)

Sudah dilihat sebanyak 529 kali, Hari ini saja 2 kali